Gino Fit

Selalu Fit Disetiap Saat Anda

Minggu, 03 Desember 2017

Makanan yang Cocok Dikonsumsi Penderita Batu Empedu

Batu empedu adalah batuyang yang terbentuk dari kolesterol di saluran empedu manusia. Seringkali penderita penyakit ini mengalami rasa sakit hebat yang mendadak karena tersumbatnya aliran empedu. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam mengonsumsi beberapa makanan. Berikut ini 6 makanan yang cocok untuk penderita batu empedu.
1.      Minyak Zaitun
Mengonsumsi minyak zaitun sangat berguna bagi kesehatan empedu. Kandungan zat antioksidan dan zat asam yang terkandung pada minyak zaitundapat mengurangi atau bahkan mencegah pembentukan batu empedu. Konsumsi minyak zaitun secara rutin, dapat mengurangi resiko seseorang terjangkit penyakit batu empedu.
2.      Ikan Tuna
Penderita batu empedu dapat mencukupi kebutuhannya dengan mengonsumsi ikan tuna sesuai dalam batas toleransi. Ikan Tuna hanya boleh dikonsumsi sekitar 3 ons per hari. Jika melebihi batas akan berbahaya bagi kesehatan. Kandungan omega3 yang terkandung di dalam ikan, juga sangat penting untuk kesehatan tubuh.
3.      Yogurt
Konsumsi yogurt secara rutin, faktanya dapat mencegah komplikasi pada batu empedu. Protein, serat, anti oksidan dan lemak tak jenuh sangat dibutuhkan bagi penderita bantu empedu. Makanan ini selain dapat membuat tubuh sehat juga memiliki rasa yang lezat di lidah.
4.      Lobak Hitam
Salah satu makanan yang bisa dijadikan sumber obat oleh penderita batu empedu adalah lobak hitam. Lobak dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Fungsi lain dari lobak adalah meningkatkan kadar HDL dan menurunkan kadar lipid darah. Selain itu, lobak hitam dapat mengurangi rasa sakit pada penderita batu empedu.
5.      Mentimun
Jus mentimun, wortel dan jeruk sangat disarankan untu dikonsumsi penderita bantu empedu. Mentimun memiliki banyak kandungan air yang berguna untuk membersihkan hati. Mentimun juga mengandung vitamin B, lariciserinol dan kandungan bermanfaat lainnya
6.      Lemon
Lemon mengandung asam sitrat dan vitamin C yang berfungsi untuk melarutkan batu empedu. Cobalah kombinasikan lemon dengan minyak zaitun untuk hasil pengobatan yang lebih maksimal. Lemon juga mengandung antioksidan yang mampu menyembuhkan peradangan juga infeksi di dalam tubuh Anda.

Makanan di atas tidak hanya bagus dikonsumsi oleh penderita batu empedu, namun juga cocok dalam mencegah terjadinya penyakit berbahaya tersebut. Mengingat bahwa setiap makanan yang Anda konsumsi dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda, mulailah selektif memilih makanan yang ingin Anda konsumsi demi menjaga kesehatan tubuh.

 
Back To Top