Gino Fit

Selalu Fit Disetiap Saat Anda

Jumat, 17 November 2017

5 Obat Sakit Diare yang Terbukti Ampuh dan Mudah Dibuat

Diare (mencret) merupakan salah satu penyakit yang sangat menjengkelkan sekaligus berbahaya jika tidak diobati dengan segera. Dikatakan menjengkelkan apabila saat diare menyerang tidak ada toilet disekitar kita untuk membuang hajat, dan dikatakan berbahaya karena diare juga disertai dengan gejela lain seperti demam, badan lemas, mual, kembung dan muntah.

Sesorang dapat dikatakan mengalami diare apabila mengeluarkan tinja atau feses yang berkonsistensi cair  lebih dari tiga kali dalam sehari. Penyakit diare pada umumunya disebabkan oleh inveksi virus atau bakteri yng menyerang saluran pencernaan. Di samping itu, diare juga bisa disebabkan mengkonsumsi makanan pedas berlebihan, makanan bersantan dan asam.

Obat Herbal Sakit Diare yang Terbukti Ampuh


Walaupun sudah sangat lazim terjadi dan proses terjadinya pun sangat sederhana, pada kenyataannya penyakit diare ini memang sangat mengganggu dan harus segera diatasi demi menghindari dampak-dampak buruk lainnya. Berikut adalah beberapa jenis obat sakit diare yang dapat dengan mudah dibuat di rumah dan sudah teruji khasiatnya sebagai penanganan pertama sakit diare.

1. Buah dan daun jambu biji

Tanaman jambu biji sudah dikenal dan telah digunakan sejak jaman dahulu sebagai obat herbal sakit diare. Tanaman jambu biji bisa diambil buahnya yang masih muda untuk dikonsumsi langsung atau juga diambil daunnya untuk dijadikan ramuan obat diare tradisional.
Caranya:
      • Siapkan 5-10 lembar pucuk daun jambu biji, dan tumbuk hingga halus
      • Tambahkan sedikit air lalu peras, ambil sari-sarinya kurang lebih 1 sendok makan
      • Tambahkan sedikit garam lalu minum

Jika Anda tidak ingin repot-repot membuat ramuan ini, Anda bisa langsung mengkonsumsi pucuk daun jambu biji yang juga ditambahkan sedikit garam. Laukan cara ini 1 sampai 2 kali sehari sampai diare benar-benar reda.
2. Kunyit

Tanaman rempah kunyit memiliki khasiat yang beragam untuk kesehatan dan salah satunya adalah sebagai obat herbal sakit diare.
Caranya:
      • Siapkan kunyit sebesar ½ jari, 1 sendok teh kapur sirih dan 1 gelas air putih
      • Kupas dan cuci kunyit hingga bersih
      • Rebus kunyit dalam panci dengan 1 gelas air putih sampai tersisa air 1/3 nya
      • Tambahkan kapur sirih dan aduk hingga rata
      • Setelah air rebusan dingin, saring air ramuan tadi dan konsumsi 3 kali dalam sehari

Konsumsi ramuan kunyit ini secara teratur dan rasakan diare yang Anda alami akan perlahan menghilang.
3. Air kelapa

Air kelapa kaya akan kandungan elektrolit yang dapat mengusir bakteri penyebab diare serta bagus untuk membatu mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat diare.
Caranya: Anda cukup meminum air kelapa murni alias air kelapa tanpa campuran apapun.
4.  Sawo muda

Sawo muda memiliki manfaat yang hampir sama dengan tanaman jambu biji. Keduanya sama-sama bagus dikonsumsi untuk penderita sakit diare.
Caranya:
      • Siapkan 1 buah sawo muda, lalu haluskan
      • Sawo muda yang sudah dihaluskan tadi ditambahkan dengan sedikit garam dan air secukupnya
      • Aduk hingga semua bahan tercampur rata kemudian minum

5.  Teh Chamomile

Teh chamomile juga sering digunakan banyak orang untuk meredakan sakit diare. Kandungan zat flavonoid yang terdapat dalam teh chamomile dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat diare dan mengurangi cairan dalam feses pasien diare.

Itulah tadi 5 obat sakit diare yang terbukti ampuh dan mudah dibuat. Jika sudah mengkonsumsi salah satu ramuan di atas dan dalam 3 hari sakit diare Anda tak juga kunjung reda, segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 
Back To Top